Colorfit Last All Day Lip Paint Around the World (Limited Edition). Get special price only 55K for 100 early buyers
My Account

0 Beauty Point

Kesehatan memegang peran yang sangat penting saat kamu menjalankan ibadah puasa, dear. Jika tidak sehat, akan sulit bagimu untuk berpuasa Ramadan selama sebulan penuh. Untuk itu, kamu perlu, mengetahui beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat jalani ibadah puasa. Apa saja, sih, tipsnya? Yuk, simak di artikel ini informasi selengkapnya!

 

1. Pastikan tidur selalu cukup

Dear, tidur yang cukup tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, tapi juga membantu mencukupi waktu istirahat yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, manfaat cukup tidur sama pentingnya dengan pola makan sehat dan olahraga rutin, lho. Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang lamanya berbeda-beda, tergantung masing-masing orang. Namun, umumnya orang dewasa butuh tidur selama 7–9 jam setiap harinya.

Agar waktu tidur 7-9 jam setiap hari terpenuhi selama Ramadan, coba, deh, tidur selama 1-2 jam setelah sahur dan salat subuh sebelum beraktivitas kembali. Meskipun singkat, waktu tidur ini dapat dipakai untuk menambah jam tidur yang mungkin kurang selama berpuasa, dear. Kamu juga bisa usahakan tidur lebih awal agar memiliki waktu yang lebih lama untuk beristirahat. 

 

2. Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Mengingat sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, penting agar kamu menjaga asupan cairan tubuh demi kesehatan, terutama selama berpuasa. Dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, kamu memberikan berjuta manfaat bagi tubuh, dear. Sebagai kebutuhan dasar untuk kesehatan sel tubuh, air membantu racun dalam tubuh tidak menumpuk yang bisa menyebabkan kerusakan sel. Kamu akan punya energi dan tidak merasa lelah jika kebutuhan cairan tercukupi.

Jumlah air yang dibutuhkan untuk meningkatkan energi sangat bervariasi, namun sebaiknya kamu minum 6-8 gelas air setiap hari, dear. Cairan semakin penting saat berpuasa karena kamu tidak akan minum sekitar 12-13 jam. Cobalah minum setidaknya dua gelas air putih saat sahur dan minum banyak air juga saat berbuka puasa dan setelah tarawih. 

 

3. Tetap berolahraga

Puasa seharusnya tidak menjadi alasan bagimu untuk bermalas-malasan. Kamu tetap perlu berolahraga supaya tubuh tetap bugar, daya tahan tubuh meningkat, dan berat badan terjaga, Dear. Olahraga selama puasa juga membantu mengurangi tingkat stres karena olahraga melepaskan hormon endorfin yang memperbaiki suasana hati, lho.

Berolahraga saat puasa tidak hanya aman dilakukan, namun juga harus tetap menjadi bagian penting dalam hidup yang tidak boleh dilewatkan. Waktu terbaik untuk berolahraga di bulan Ramadan ada tiga, yaitu sebelum sahur, setelah buka puasa, dan setelah salat Isya. Tidak perlu olahraga berat, kok, kamu bisa melakukan olahraga ringan dan gampang seperti jalan kaki, yoga, jogging, bersepeda, naik turun tangga, dan sebagainya.

 

4. Hindari melewatkan sahur

Kamu mungkin ingin tidur malam tanpa perlu bangun pada dini hari untuk makan sahur agar waktu tidur tetap cukup. Namun, sahur merupakan bagian penting dalam berpuasa, Dear. Kamu akan merasakan dampak negatif dari melewatkan sahur, salah satunya membuat keseimbangan tubuh menurun. 

Jika keseimbangan tubuh menurun, maka kamu rentan mengalami beberapa penyakit, seperti vertigo atau jadi susah melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, hindari melewatkan sahur agar tubuh tetap fit dan kamu bisa berpuasa dengan nyaman, ya, ladies.

 

5. Kurangi makanan dan minuman manis

Mengonsumsi makanan dan minuman manis saat buka puasa atau sahur memang baik untuk mengganti energi. Namun, kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan, dear. Sebab, makanan dan minuman manis berisiko menimbulkan gangguan kesehatan selama puasa, seperti bertambahnya berat badan, tumbuh terasa lelah dan lemas, hingga perut kembung.

Konsumsi gula berlebih sulit dicerna oleh tubuh sehingga akan mengganggu kenyamanan berpuasa. Perlu juga kamu ketahui, energi dari makanan manis cepat menguap, lho. Akibatnya, kamu akan merasa lapar lagi dalam waktu 3-4 jam. Makanan dan minuman manis juga tidak baik dikonsumsi karena menyebabkan diabetes.

 

6. Jaga kebersihan tubuh 

Menjaga kesehatan tubuh saat jalani ibadah puasa tidak bakal lengkap tanpa menjaga kebersihan wajahmu, dear. Kamu bisa menggunakan Wardah Hydra Rose Gel-to-Foam Cleanser yang bisa jaga kelembapan kulit selama 72 jam. 

Produk pembersih muka bertekstur gel yang lembut di kulit ini mengandung 72 hours hydrating active dan avalanche rose oil. Penggunaannya akan membantu membersihkan wajahmu dari debu, minyak, kotoran, dan sisa makeup tanpa membuat kulit terasa kering setelah dibilas. Kamu pun bisa mendapatkan kulit yang bersih dan tetap lembap.

Di samping itu, kamu juga bisa pakai Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel, gel multifungsi dengan kandungan aloe vera natural yang memberikan kelembapan ekstra bagi kulit. Produk skincare ini memberikan efek menenangkan serta mendinginkan kulit yang kering dan memerah akibat sinar matahari, sehingga kebersihan tubuhmu akan terjaga dengan sempurna.

 

7. Makanlah secukupnya

Tips menjaga kesehatan tubuh yang terakhir namun tidak kalah penting adalah makanlah secukupnya. Jangan makan berlebihan sebab dapat mengganggu pencernaan. Jika makan berlebihan selama puasa, proses pencernaan yang lambat akan menyebabkan masalah pencernaan, seperti gangguan pencernaan, kembung, dan diare.

 

 

Nah, itu tadi ketujuh tips menjaga kesehatan tubuh saat jalani ibadah puasa. Dengan menjalankan beberapa tips di atas, kamu bisa berpuasa dengan aman dan nyaman. Jangan lupa dapatkan produk skincare Wardah yang dapat membantu jaga kesehatan tubuhmu di www.wardahbeauty.com, ya!

Tips menjaga kesehatan tubuh saat puasa ramadhan

Recommended For You

Last Articles