0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


4 Masalah Rambut yang Paling Umum Muncul Saat Puasa

April 16, 2021

Ladies, apakah kamu sadar kalau banyak masalah rambut muncul saat kamu mulai berpuasa? Timbulnya masalah rambut saat berpuasa sebenarnya adalah hal yang normal karena tubuh bisa saja kekurangan nutrisi seperti vitamin A, protein, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, kurangnya konsumsi cairan juga bisa membuat tubuh dehidrasi dan rambut ikut bermasalah.

Untuk mengatasinya, simak pembahasan tentang masalah rambut yang umum muncul saat puasa dan solusi lengkapnya berikut ini!

 

Ketombe bandel

Masalah rambut yang pertama adalah ketombe membandel. Sebenarnya, ketombe adalah masalah yang sangat umum. Namun, jika dibiarkan, ketombe tentu akan mengganggu. Terlebih saat ketombe mengeluarkan rasa gatal yang hebat dan serpihan-serpihan putih yang dapat mengganggu penampilan.

Penyebab munculnya ketombe ada bermacam-macam. Salah satunya adalah karena kulit kepala kering. Saat kamu berpuasa, kulit kepala akan mudah kering karena tubuh kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, gunakan shampo anti ketombe seperti Wardah Anti Dandruff Shampoo. yang mengandung zinc actives untuk menenangkan dan menyegarkan kulit kepala.

 

Rambut rontok

Selanjutnya, masalah rambut yang paling bikin kita khawatir, yaitu rambut rontok. Pada dasarnya, rambut manusia memang akan selalu rontok untuk memberi ruang bagi pertumbuhan rambut baru. Rata-rata, manusia akan kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari. Namun, jika kamu merasa jumlah rambut yang rontok sudah terlalu banyak, sebaiknya segera ditangani.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi. Saat berpuasa, tubuhmu mungkin tidak mendapat nutrisi yang cukup. Untuk itu, pastikan kamu mengkonsumsi makanan kaya nutrisi seperti buah dan sayur saat berbuka dan sahur, ya. Buah dan sayur seperti kurma, stroberi, bayam, dan brokoli terbukti sangat baik bagi kesehatan rambut.

Jangan lupa juga untuk menutrisi rambut dari luar menggunakan Wardah Hairfall Treatment Shampoo dengan kandungan Ginseng & Rosemary Extract yang merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut, sehingga kerontokan rambut jadi teratasi.

 

Rambut kering dan kusam

Selain ketombe dan rambut rontok, masalah rambut yang sering muncul saat puasa adalah rambut kering dan kusam. Rambut kering dan kusam biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bukan hanya itu, penggunaan hair dryer atau catokan dan zat kimia seperti pewarna juga bisa membuat rambut tampak kering dan kusam.

Panas yang berlebihan bisa merusak sel-sel melanin pada batang rambut. Dampaknya, rambut pun akan mengalami proses oksidasi dan berubah warna (biasanya berwarna kemerahan). Jika dibiarkan, kondisi ini bisa membuat warna hitam alami pada rambut pudar dan terlihat kusam.

Bagaimana cara mengatasinya, ya? Saat beraktivitas di bawah sinar matahari, usahakan untuk selalu menggunakan pelindung kepala. Kurangi penggunaan alat pengering rambut. Lalu, pilih shampo yang cocok untuk rambut kering seperti Wardah Nutri Shine Shampoo dengan bahan aktif Argan Oil dan Grapeseed Extract yang mampu menutrisi setiap helai rambut dan menjaga kilau alami rambut.

 

Kulit kepala berminyak

Minyak pada kulit kepala berfungsi sebagai “conditioner” alami bagi rambut. Namun, terkadang produksi minyak pada kulit kepala menjadi berlebih karena beberapa faktor. Akibatnya, rambut pun terasa lengket dan berminyak. Jika dilihat rambut pun terlihat lepek dan terasa kusam. 

Untuk mengatasi rambut berminyak, sebaiknya kamu menghindari produk perawatan rambut yang berbahan dasar minyak seperti hair spray. Meluruskan rambut dengan alat catok juga bisa membuat rambut berminyak karena panas dari alat catok akan membuat produksi minyak pada kulit kepala meningkat.

Selain itu, kamu sebaiknya tidak mencuci rambut terlalu sering. Terlalu sering keramas akan membuat rambut kering dan produksi minyak meningkat. Keramaslah 2-3 kali dalam seminggu dengan shampo khusus rambut berminyak seperti Wardah Daily Fresh Shampoo. Kombinasi bahan aktif multi-action aloe vera dan seaweed extracts bantu menutrisi dan menyegarkan rambut dan kulit kepala yang berminyak.

 

Kunci untuk mengatasi masalah rambut yang sering muncul saat puasa adalah dengan menggunakan shampo yang tepat. Penggunaan shampo yang salah justru akan membuat rambut semakin bermasalah. Yuk, ladies, gunakan produk perawatan rambut dari Wardah untuk menjaga kesehatan rambut selama menjalankan puasa Ramadan nanti!