Ladies, kulit kusam tidak hanya mengganggu secara penampilan, tetapi juga bisa mengganggu secara psikologis. Kamu jadi merasa bad mood seharian karena tidak dapat tampil dengan lebih maksimal. Kulit kusam ini hampir tidak bisa disembunyikan akibat warna kulit yang terkesan gelap, kering, dan tidak terawat. 

Berikut beberapa penyebab kulit kusam yang perlu kamu ketahui lebih jauh. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengerti kondisi kulit kamu sendiri dan memahami cara paling ideal untuk mengatasinya.

 

Tumpukan sel kulit mati dalam pori-pori

Penyebab kulit kusam yang pertama adalah menumpuknya sel kulit mati di dalam pori-pori kamu, ladies. Perlu kamu tahu bahwa kulit kita melepaskan jutaan sel kulit mati setiap hari. Bayangkan jika kamu tidak rutin membersihkan kulit setiap hari, kulit kamu akan dipenuhi dengan tumpukan sel kulit mati, ladies. Ini sebabnya kulit cantikmu jadi terlihat kusam. Untuk membersihkan sel-sel kulit mati dengan maksimal, kamu perlu melakukan eksfoliasi dengan rutin, setidaknya setiap 2-3 kali seminggu. Sesuaikan dengan jenis kulitmu, ladies.

 

Paparan polusi, sinar UV, dan blue light

Terus-menerus terpapar polusi udara, paparan sinar UV, serta blue light, baik itu dari matahari maupun dari gadget, juga bisa menjadi penyebab kulit kusam. Polusi udara yang tercemar membawa banyak partikel kecil atau yang dikenal juga dengan radikal bebas. Radikal bebas yang terpapar pada kulit dapat merusak kolagen dan memicu produksi pigmen kulit.

Sinar UV dari matahari dan blue light dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit, bahkan menggelapkan warna kulit alamimu. Akhirnya, muncul garis-garis halus dan bintik-bintik hitam di atas permukaan kulit. Ini juga yang disebut sebagai hyperpigmentation.

 

Stress yang berlebihan

Siapa sangka tekanan psikis yang membuat kamu merasa stress yang berlebihan dapat berdampak juga ke kondisi kulit kamu. Saat kamu stress, akan terjadi peningkatan pada hormon kortisol di dalam tubuh yang akan mengganggu proses aliran darah di tubuh, terutama asupan darah untuk kulit kamu. Kulit pun menjadi lebih kusam karena tidak mendapat asupan oksigen yang cukup yang dibawa oleh darah.

Stres jadi penyebab kulit kusam yang cukup tricky karena tidak bisa dengan mudah diatasi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan me time, menekuni hobi yang kamu sukai, atau berolahraga yang akan menghasilkan hormon endorfin dan serotonin.

 

Gaya hidup tidak sehat

Penyebab kulit kusam yang sudah pasti adalah karena adanya gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat ini bisa terjadi karena kebiasaan-kebiasaan buruk seperti kurang tidur, tidak mengatur asupan nutrisi pada makanan kamu, kurang minum air putih, sampai jarang bergerak atau berolahraga.

Berikutnya, pastikan kamu memiliki ritme aktivitas yang teratur. Tahu kapan kamu harus bekerja dan beraktivitas, kapan kamu harus makan, kapan kamu berolahraga, dan kapan kamu istirahat. Mendapat tidur yang cukup juga membantu kamu mendapat kulit yang lebih sehat. Saat beristirahat, kulit mendapat kesempatan untuk beregenerasi.

 

Salah pilih produk skincare 

Penyebab kulit kusam yang terakhir adalah kesalahan saat memilih produk skincare. Tidak sedikit ladies yang asal-asalan saat memilih produk skincare. Beberapa malah tidak menyesuaikan produk skincare dengan jenis dan kebutuhan kulitnya. Alhasil, produk tersebut tidak bekerja optimal, dan kamu yang jadi korban karena kulit kamu akhirnya bermasalah.

 

Jika kamu kebingungan saat memilih produk skincare, kamu bisa memilih Wardah Lightening Skin Care Series. Seri skincare dari Wardah ini diformulasi dengan kandungan Advanced Niacinamide. yang cocok digunakan untuk kulit normal hingga kulit yang cenderung berminyak. 

Jadi, tidak hanya mencerahkan kulit dari lapisan terdalam, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap blue light yang berpotensi menjadikan kulitmu kembali kusam. Dengan begini, kamu tidak perlu khawatir lagi akan salah memilih produk skincare dan bisa mengucapkan selamat tinggal pada penyebab kulit kusam.

 

Recommended For You

Last Articles