0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


5 Penyebab Rambut Lepek yang Harus Kamu Hindari

November 02, 2020

Ladies, apakah rambutmu sering lepek padahal baru menghabiskan beberapa menit saja di luar ruangan? Seberapa sering kamu keramas, rasanya rambut tetap terasa lepek. Masalah rambut lepek yang ladies alami sehari-hari ini terjadi karena banyaknya kandungan minyak di kulit kepala. Minyak, keringat, dan kotoran yang berlebih di area akar rambut akan membuat rambut kehilangan volume dan terlihat lepek.

Ada beberapa penyebab mengapa rambut lepek dan mengganggu penampilan serta rasa percaya diri kamu, dear. Kebanyakan dari penyebabnya dikarenakan kebiasaan merawat rambut yang salah dan tidak begitu bersih, berikut beberapa di antaranya.

 

1. Salah teknik keramas

Penyebab rambut lepek yang paling umum adalah teknik keramas yang salah dan sering kamu lakukan berulang-ulang. Terlalu sering keramas membuat kulit kepala menjadi kering, sehingga rawan ketombe dan justru membuat rambut lepek. Sebaiknya, kamu cukup keramas 2x sehari saja dan selalu sisir rambutmu setiap hari untuk mendistribusikan minyak kepala ke seluruh batang rambut. 

Keramas yang kurang bersih dilakukan dengan terburu-buru. Padahal saat keramas, kamu perlu mencuci rambut dengan perlahan dan teliti. Termasuk memijat kulit kepala dengan lembut sebelum dibilas hingga bersih. Pastikan membilas shampoo dengan bersih agar sisa shampoo tidak jadi penyebab ketombe dan kulit kepala berminyak, juga rambut lepek.

 

2. Memilih shampoo dengan kandungan silikon

Salah memilih shampoo, terutama yang memiliki kandungan silikon justru akan membuat rambut kamu jadi lepek. Kenapa? Karena kandungan silikon pada shampoo hanya bermanfaat bagi batang rambut saja. Sementara masalah rambut lepek ini karena shampoo tidak bekerja sempurna untuk menutrisi bagian akar rambut.

Itu sebabnya saat memilih shampoo, pastikan yang silicone-free. Salah satunya yang bisa kamu andalkan adalah Wardah Daily Fresh Shampoo. Produk hair care keluaran Wardah ini dilengkapi dengan formula transparan tanpa silikon yang membuat shampoo ini ringan dan nyaman untuk dipakai keramas.

Wardah Daily Fresh Shampoo juga mengandung bahan alami seperti ekstrak aloe vera dan mentimun yang dapat mengontrol produksi minyak di kulit kepala, sekaligus membuat rambut jadi lebih bervolume. Penampilan kamu juga terlihat fresh, rambut bebas lepek, dan lebih bouncy. Dengan  Wardah Daily Fresh Shampoo, tidak hanya rambut lepek saja, tetapi rambut berbau tidak sedap juga bisa diatasi.

 

3. Jarang membersihkan sisir

Masalah berikutnya yang jadi penyebab rambut lepek adalah menggunakan sisir yang kotor. Jarang membersihkan sisir yang kamu gunakan bisa membuat rambut jadi lepek karena kotoran pada sisir yang tertinggal dan menempel pada rambut akan membuat kulit kepala kotor dan rambut lebih mudah lepek.

Paling tidak seminggu sekali, sebaiknya kamu membersihkan sisir yang digunakan. Termasuk jika kamu mulai merasa sisir sudah terasa kotor. Cuci dan bilas, lalu keringkan sisir dengan benar sebelum kamu gunakan kembali ya, dear.

 

4. Memakai hijab saat rambut masih basah

Begitu selesai keramas, pastikan kamu mengeringkan rambut dengan benar. Terutama jika kamu menggunakan hijab, ladies. Ketika menggunakan penutup kepala selama beraktivitas seharian, tentu kamu ingin merasa nyaman, bukan? Jadi, hindari memakai hijab saat rambut masih basah.

Selain perkara rasa nyaman, rambut yang masih basah saat memakai hijab juga akan jadi penyebab rambut lepek. Sudah seharian merasa tidak nyaman, ditambah lagi rambut yang kurang terawat dengan semestinya. Jadi, sediakan lebih banyak waktu sebelum memakai hijab untuk mengeringkan rambut dengan benar ya, dear.

 

5. Terlalu banyak memakai conditioner

Penyebab terakhir yang juga cukup umum membuat rambut lepek adalah karena memakai conditioner terlalu banyak. Kesalahan ini termasuk sering terjadi, di mana kebanyakan dari ladies menggunakan conditioner sangat banyak di semua bagian rambut dan kepala. 

Seharusnya, kamu menggunakan conditioner sedikit saja dengan mengusapkan conditioner mulai dari bagian tengah sampai ujung rambut. Hindari menggunakan conditioner pada kulit kepala karena memakai conditioner terlalu banyak terutama pada area kulit kepala inilah yang membuat rambut lepek.