Memakai makeup saat jerawatan adalah dilemma besar buat banyak wanita. Di satu sisi ingin tampil menarik dengan bermakeup, di sisi lain takut jerawat di wajah malah jadi tambah parah. Padahal makeup juga bisa menutupi jerawat agar kita tetap percaya diri. Serba salah, bukan? Sebenarnya kalian tidak perlu khawatir perihal akan memakai makeup atau tidak. Kalian bisa mengikuti beberapa tips makeup untuk kulit berjerawat di bawah ini. Mau tau apa aja? Yuk simak yang berikut ini!

  1. Kenali bahan-bahan makeup yang aman untuk kulit berjerawat 

Sebelum kalian membeli produk makeup baru, ada baiknya untuk mengecek bahan-bahan anti acne yang ada di dalam produk tersebut. Jangan malas untuk mencari tahu bahan-bahan yang baik untuk kulit berjerawat, juga bahan yang akan membuat kulit kalian meradang. Atau untuk lebih mudahnya, kalian bisa membeli produk yang khusus untuk kulit berjerawat, contohnya Acnederm Face Powder yang ditawarkan Wardah. Formulanya yang ringan dan tekstur yang halus tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

         2. Hindari produk makeup yang membuat wajah berminyak

Ketika membeli produk makeup, pastikan yang kalian beli adalah produk ringan dan tidak berminyak (oil-free). Hindari produk yang bertekstur krim karena akan memicu munculnya minyak dan membuat jerawat kalian terlihat dengan jelas. Selain itu, teksturnya yang sedikit padat juga bisa menghambat pori-pori. Gunakan produk yang bertekstur gel atau water-based agar cepat terserap dan tidak meninggalkan efek greasy di wajah.

         3. Jangan lupakan pelembab

Kalian mungkin berpikir pelembab bisa memperparah jerawat. Nyatanya, kulit sangat perlu dihidrasi menggunakan pelembab agar jerawat tidak semakin merusak kulit. Kalian bisa mencari dan menggunakan pelembab yang mengandung benzoyl peroxide. Bahan tersebut akan meredakan peradangan jerawat. Pilih juga pelembab yang bebas minyak, dengan menggunakan bahan asam hyaluronic dan gliserin karena akan membuat kulit lebih lembab tidak kering. Jika kalian memiliki jerawat yang cukup parah, lebih baik berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan pelembab kulit dari resep dokter.

         4. Gunakan primer

Menggunakan primer adalah tindakan yang sering dilupakan oleh wanita. Padahal peran primer pada kulit yang berjerawat sangat besar. Primer membantu mengurangi pori-pori terbuka, dan dengan demikian menghentikan penyumbatan kulit yang menjadi alasan utama mengapa jerawat makin suka muncul. Mungkin tips ini belum pernah kalian dengar, tapi kalian bisa menggunakan Aloe Vera Multifunction Gel untuk primer makeup. Kandungan aloe veranya dapat membantu menghidrasi kulit wajah dan mengatasi iritasi yang ditimbulkan jerawat kalian, lho.

         5. Sunscreen wajib hukumnya!

Jangan mulai riasan kalian jika belum menggunakan sunscreen. Memang, ada mitos yang bilang kalau sunscreen membuat jerawat malah semakin menjadi. Tapi, sejauh ini fakta malah berkata sebaliknya. Sunscreen sangat penting untuk memberikan proteksi ekstra pada kulit wajah kita dari sinar matahari yang berbahaya. Juga dari partikel-partikel jahat yang ada di lingkungan. 

Recommended For You

Last Articles