Colorfit Last All Day Lip Paint Around the World (Limited Edition). Get special price only 55K for 100 early buyers
My Account

Beauty Point

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat puasa; menghindari beberapa kebiasaan yang bisa menimbulkan jerawat adalah salah satunya. Gangguan pada kulit yang berkaitan dengan produksi minyak berlebih ini bisa dipicu oleh beberapa kebiasaan buruk, dear. Apa saja, sih? Yuk, simak informasi selengkapnya di artikel ini!

 

1. Jadwal tidur berantakan dan sering begadang

Selama berpuasa di bulan Ramadan, jadwal tidurmu mungkin berantakan karena harus bangun dini hari untuk sahur. Belum lagi kebiasaan sering begadang yang membuat waktu tidurmu semakin singkat. 

Jadwal tidur dan kebiasaan begadang berkaitan dengan munculnya jerawat, dear. Sebab, kurangnya waktu tidur membuat tubuh kurang maksimal dalam meregenerasi kulit. Proses regenerasi sel yang terganggu ini bisa mengakibatkan munculnya jerawat.

Oleh karenanya, penting agar kamu mengatur jadwal tidur dan hindari begadang. Kamu bisa luangkan waktu untuk tidur siang atau tidur lebih awal. Jika tubuhmu mendapat waktu yang cukup untuk beristirahat, maka kamu pun dapat mencegah timbulnya jerawat.

 

2. Kurang berolahraga

Ladies, tahukah kamu bahwa kurang olahraga bisa menimbulkan jerawat? Itu karena olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu proses detoks. Keringat selama berolahraga mengeluarkan racun dari tubuh yang membuat kulit menjadi lebih sehat dan bersih.

Jadi, usahakan agar kamu tidak malas berolahraga selama puasa, ya. Olahraga bahkan bisa membantu menyeimbangkan hormon, lho. Jika hormon seimbang, kamu dapat terhindar dari stres yang juga bisa menimbulkan jerawat. Coba lakukan beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama puasa, seperti jalan kaki, jogging, dan sebagainya.

 

3. Terlalu sering makan gorengan

Makan gorengan memang enak, terutama saat buka puasa. Tapi, jangan terlalu sering. Kulit dapat menghasilkan minyak berlebih jika kamu makan makanan yang tidak sehat, lho. Mengandung lemak dan garam yang tinggi, gorengan dapat memicu timbulnya jerawat. Jadi, sebaiknya kamu jangan terlalu sering makan gorengan jika tidak mau berjerawat, ya.

Daripada buka puasa dengan gorengan yang bisa berdampak buruk terhadap kulit dan tubuhmu, lebih baik perbanyak konsumsi buah dan sayur. Kamu bisa konsumsi beberapa makanan yang mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral untuk menghilangkan jerawat, seperti ikan lemon, lemon, pepaya, hingga bayam. Pola makan yang sehat dapat mencegah timbulnya jerawat, sebab ada kaitan antara peningkatan konsumsi omega-3 dan antioksidan dengan penurunan jerawat.

 

4. Kurang minum air putih

Minum air membuat tubuh terhidrasi dan mendinginkan suhu tubuh, yang membantu mengurangi panas tubuh. Kulit kering merupakan akibat dari dehidrasi yang salah satunya disebabkan oleh kebiasaan kurang minum air putih.

Kurang minum air putih dapat menimbulkan jerawat karena tubuh yang kekurangan air dapat menyebabkan sekresi minyak yang berlebihan. Akibatnya, bakteri mudah berkembang biak dan menyebabkan jerawat.

Untuk mengatasinya, perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan berbuka puasa. Daripada mengonsumsi minuman manis, lebih baik kamu perbanyak konsumsi air putih, dear. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan asupan air putih per hari agar kulitmu sehat dan terhindar dari jerawat.

 

5. Malas membersihkan wajah

Kamu mungkin malas membersihkan wajah karena tubuh sudah lelah menahan lapar dan haus seharian selama berpuasa. Meskipun lelah, kamu harus rajin membersihkan wajah agar jerawat tidak muncul, dear. Debu, kotoran, dan sisa makeup yang menumpuk akan menimbulkan jerawat jika tidak dibersihkan. Gunakan produk pencuci wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu dan selalu lakukan rutinitas double cleansing agar wajah bersih menyeluruh.

Setelah membersihkan wajah secara maksimal, gunakan Wardah Acnederm Acne Care Serum yang bisa bantu mencegah jerawat. Mengombinasikan bahan aktif 5% Azeclair™, 0.5% Salicylic Acid, dan Tea Tree Oil, serum multifungsi ini khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat, dear. Kamu bisa mendapat banyak manfaat, mulai dari mencegah jerawat, melawan bakteri penyebab jerawat, hingga menyamarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit dengan menggunakan Wardah Acnederm Acne Care Serum ini.

 

Nah, itu dia lima kebiasaan saat puasa yang bisa menimbulkan jerawat, dear. Jika sudah tahu, saatnya kamu menghindari kelima kebiasaan tersebut, ya. Jangan lupa juga untuk menggunakan skincare Wardah Acnederm Acne Care Serum yang cocok bagi kulit berjerawat dan bisa kamu dapatkan di www.wardahbeauty.com. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

Last Articles