0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Fakta Silikon dalam Shampoo yang Bisa Buat Rambut Lepek

December 28, 2020

Ladies, bahan silikon yang kontroversial ini sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan dasar yang ada dalam shampoo. Silikon dalam shampoo memang dapat memberikan efek rambut berkilau dan lembut. Namun, seiring perkembangan teknologi dan studi, didapati juga beberapa dampak buruk silikon dalam shampoo.

Salah satu yang paling mengganggu dari dampak buruk silikon dalam shampoo ini yakni dapat membuat rambut ladies lepek. Tentunya ladies tidak akan suka jika penampilan stunning kamu dirusak dengan masalah rambut lepek. Untuk itu, kamu perlu tahu lebih jauh tentang fungsi serta dampak silikon dalam shampoo lebih jauh.

 

Fungsi silikon dalam shampoo

Perlu ladies ketahui bahwa silikon bukanlah bahan alami. Silikon adalah zat yang dibuat oleh manusia yang sering digunakan untuk produk rumah tangga. Fungsi silikon dalam shampoo dimanfaatkan sebagai bahan untuk melapisi area batang rambut dan mengunci kelembaban di setiap helaian rambut. Termasuk juga mengurangi kusut pada rambut serta membuat rambut jadi lebih lembut dan halus. 

Fakta fungsi silikon di atas memang benar adanya. Namun, begitu juga dampak buruk dari silikon yang belum banyak dibahas. Pada poin-poin selanjutnya, ladies akan mendapatkan informasi lebih lengkap terkait dampak buruk silikon itu sendiri.

 

Mencegah rambut ternutrisi dengan baik

Silikon dapat memberikan tampilan kemilau indah untuk rambut kamu,namun sayangnya kilau pada rambut itu bukan indikasi bahwa rambut kamu ternutrisi dengan sehat. Kemilau pada rambut dari silikon itu sejatinya karena kandungan plastik pada silikon yang memantulkan cahaya.

Silikon dalam shampoo dapat tertinggal di helaian rambut serta area kulit kepala. Silikon yang tersisa ini akan membuat  rambut dan kulit kepala kesulitan dalam menyerap nutrisi dengan lebih baik. Bahan-bahan lainnya yang terdapat pada shampoo atau produk kesehatan rambut lainnya yang kamu gunakan akan sulit terserap ke dalam folikel rambut juga.

 

Membuat rambut jadi kusam dan lemah

Kalau rambut sudah sulit menyerap nutrisi-nutrisi baik yang dibutuhkannya, apa yang terjadi kemudian, ladies? Tentu saja rambut kamu akan jadi lebih kusam dan lemah, bahkan mudah bercabang dan patah. Walaupun silikon bukanlah bahan kimia yang beracun, namun jika rambut terlalu sering terkena paparan silikon, maka bisa saja pertumbuhan rambutmu akan terhambat.

 

Meninggalkan kotoran yang menumpuk di kulit kepala

Jenis silikon dalam shampoo yang banyak digunakan biasanya memiliki hidrofobik tinggi, seperti Dimethicone, Amodimethicone, dan Ceteraryl Methicone. Ini berarti silikon tersebut termasuk sulit lepas dari rambut kamu. Kalau sudah begini, takan ada sisa-sisa silikon yang melekat dan menumpuk di kulit kepala kamu. 

Sisa-sisa ini akan menjadi kotoran yang mengganggu kesehatan kepala dan rambut, bahkan menyebabkan ketombe. Tumpukan kotoran silikon ini juga dapat menghilangkan volume alami dari rambut kamu, ladies. Sehingga, rambut kamu jadi lebih cepat berminyak, dan memberikan kesan lepek yang tidak sehat. 

 

Waktunya beralih ke shampoo bebas silikon

Lalu, apa yang sebaiknya kamu lakukan, ladies? Kamu bisa mulai beralih ke shampoo yang bebas kandungan silikon. Salah satunya adalah Wardah Daily Fresh Shampoo yang memiliki formulasi transparan tanpa kandungan silikon. 

Shampoo non-silikon dari Wardah ini lebih ringan dan aman untuk digunakan setiap hari. Masalah rambut lepek jelas bisa kamu atasi dengan menggunakan shampoo ini. Lalu, untuk menambah perawatan ekstra untuk rambutmu, aplikasikan juga Wardah Nutri Shine Conditioner atau Wardah Hairfall Treatment Conditioner di batang rambutmu sehabis keramas supaya rambut jadi semakin sehat dan berkilau.

Sama seperti Wardah Daily Fresh Shampoo, conditioner dari Wardah ini menggunakan bahan-bahan alami yang aman digunakan. Dengan teknologi Scentlock Fragrance, rambut kamu akan terasa lebih segar dan ringan. Yuk, saatnya jalani hari dengan percaya diri penuh dan rambut sehat berkilau, ladies!