0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Daftar Beasiswa

November 03, 2020

Ladies pasti setuju kalau memiliki gelar perguruan tinggi jadi salah satu kebutuhan untuk meraih mimpi dan kesuksesan. Realitanya, beberapa perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri membutuhkan biaya yang tak sedikit. 

Nilai yang bagus tidak hanya jadi persyaratan mendapatkan beasiswa. Ada hal-hal yang harus kamu persiapkan agar beasiswa impian ada di tangan kamu. Apa saja hal-hal yang harus kamu persiapkan sebelum daftar beasiswa? Ini dia list-nya!

Baca segala persyaratan dengan teliti

Untuk mendapatkan beasiswa dari suatu lembaga, biasanya ada persyaratan yang harus kamu penuhi. Persyaratannya bermacam-macam, ada yang harus melengkapi dokumen dari transkrip raport hingga penyertaan paspor dan visa untuk kamu yang ingin belajar di luar negeri. 

Ada juga persyaratan dari sisi akademik, mulai dari sekolah dasar hingga SMA. Nah, tugas kamu adalah membaca segala persyaratannya dengan teliti, jangan sampai ada yang terlewat. Sayang, kan, kalau kamu tidak bisa mendapatkan beasiswa karena kurang satu persyaratan saja.

 

Catat timeline pendaftaran dan seleksi

Selain memenuhi persyaratan beasiswa, kamu harus mencatat timeline pendaftaran dan seleksinya. Jangan berpatok pada tahun ajaran baru kampus yang kamu inginkan. Biasanya lembaga membuka penawaran beasiswa jauh dari tahun ajaran baru kampus. Misalnya beasiswa dari pemerintah Jepang biasanya dibuka setiap tahun pada bulan April. 

Kalau kamu sudah tahu jadwal pendaftarannya, dari jauh-jauh hari kamu bisa mempersiapkan dokumen-dokumen untuk lanjut ke proses seleksi berikutnya. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu buru-buru menyiapkan segalanya.

 

Kumpulkan dokumen resmi yang dibutuhkan

Syarat penting untuk daftar beasiswa adalah kelengkapan dokumen resmi. Jangan sampai kamu baru mempersiapkan dokumen resmi yang dibutuhkan dekat-dekat tanggal pendaftaran. Setidaknya kamu punya waktu lebih untuk mengoreksi kelengkapan dokumen resmi kamu. 

Biasanya, dari tahun ke tahun dokumen resmi yang diminta kurang lebih sama, namun tidak ada salahnya untuk mengecek kembali kelengkapan untuk lebih pasti. Apalagi umumnya dokumen resmi inilah yang memakan waktu paling lama untuk didapatkan.

 

Siapkan topik penelitian sedari dini

Saat kamu mendaftar beasiswa, kamu harus siap dengan cara pembelajaran universitas yang kamu tuju. Di tahun ajaran terakhir, kamu akan punya melakukan penelitian sebagai syarat kelulusan. Topik untuk penelitian ini bisa kamu siapkan sedari dini. 

Kamu bisa melakukannya dengan cara membaca penelitian-penelitian terdahulu dari alumni yang kamu kenal. Setelah kamu kumpulkan topik dan tema penelitian kamu kelak, kamu bisa mulai mencari bahan-bahan agar penelitian kamu lebih matang dan bagus.

 

Bicarakan dengan dosen atau kepala jurusan

Beberapa beasiswa umumnya menitikberatkan perencanaan belajar kamu sebagai poin penting. Mereka akan lebih mempertimbangkan kesempatanmu kalau kamu sudah punya topik penelitian yang mau kamu tulis nanti.

Kamu bisa menghubungi dosen atau kepala jurusan universitas yang kamu tuju. Selain memperkenalkan diri, kamu juga bisa membicarakan topik penelitianmu nanti. Dengan begitu, tentunya akan lebih mudah juga untuk meminta surat referensi dari dosen maupun kepala jurusanmu karena mereka bisa melihat niat dan potensi akademik besar yang kamu miliki. 

 

Latihan interview beasiswa

Banyak calon mahasiswa yang gugur di tahap interview beasiswa. Hal ini bisa saja karena mereka gugup, sehingga tidak bisa menjawab pertanyaan interview. Tidak ada salahnya kamu menyisihkan waktu untuk berlatih interview. 

Apalagi jika kamu akan melakukan interview dalam bahasa asing, maka kamu bisa mengasah kemampuan kamu menggunakan bahasa asing yang diminta. Kamu bisa meminta keluarga atau temanmu untuk menanyakan pertanyaan interview juga. Ingat, semakin banyak latihan, kamu semakin mengurangi risiko gugur di tahap interview.

 

Untuk kamu yang sedang mencari beasiswa, Wardah kini mengadakan Wardah Scholarship Program. Pendaftarannya dibuka sejak 3 Oktober sampai 3 November 2020. Program ini juga dikhususkan untuk mahasiswi yang menempuh semester tiga perkuliahan dengan syarat memiliki prestasi akademik dan non akademik. Kamu bisa mengunjungi scholarship.wardahbeauty.com untuk detail persyaratan selengkapnya. Raih mimpimu dengan Wardah, ladies!