Ladies, kalau tubuh kamu sering merasa cepat lelah saat puasa, itu tandanya ada nutrisi penting yang belum terpenuhi. Demi menjaga kondisi tubuh prima selama menjalankan puasa, kita harus memastikan menu yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa kaya akan nutrisi penting. Dengan  begitu, ladies bisa mendapat lebih banyak manfaat puasa dengan menerapkan pola hidup sehat ini. Berikut beberapa tips sehat saat puasa yang bisa ladies lakukan!

 

1. Serat

Mengkonsumsi makanan berserat tidak hanya menyehatkan, tetapi akan membuat kamu kenyang lebih lama. Tips sehat saat puasa yang pertama ini bisa kamu adaptasi saat akan menyiapkan menu berbuka dan sahur. Menu penuh serat akan membantu tubuh untuk mengubah karbohidrat menjadi gula dalam proses yang lebih lama.

Tidak hanya itu saja, makanan penuh serat juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol serta gula darah. Dengan begini, tubuh juga akan terhindar dari penyakit. Serat bisa kamu dapatkan dari sayur-sayuran serta makanan berkarbohidrat seperti beras hitam atau beras merah. 

 

2. Protein

Protein dikenal dengan manfaatnya untuk membentuk jaringan otot. Namun, ladies juga harus tahu kalau protein juga berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Itu sebabnya tips sehat saat puasa yang berikutnya ini mengharuskan kamu untuk menjaga asupan protein juga saat bersantap sahur dan berbuka puasa.

Protein juga baik bagi produksi antibodi dan mencegah tubuh merasa lemah dan lemas. Ladies bisa mendapat asupan protein dari daging, ikan, serta telur. Satu catatan penting, kurangi garam saat mengolah makanan-makanan berprotein ini agar tidak cepat haus. 

 

3. Karbohidrat

Selama berpuasa, jangan lupakan asupan karbohidrat yang jadi sumber energi utama bagi tubuh. Bila terpenuhi, ladies bisa tetap melakukan rutinitas dengan aktif sekalipun sedang berpuasa. Ladies bisa menyiapkan menu karbohidrat kompleks juga saat sahur, seperti roti gandum atau oatmeal yang mudah untuk disajikan. Saat berbuka, kamu bisa mengkonsumsi nas, kentang, kacang merah, jagung, dan seterusnya. 

 

4. Lemak baik

Tips sehat saat puasa ini juga mengharuskan ladies untuk mendapat konsumsi lemak yang cukup. Lemak yang dibutuhkan tubuh pun adalah lemak baik atau High Density Lipoprotein (HDL) untuk dapat melengkapi nutrisi tubuh selain dari karbohidrat dan protein.

Berbeda dengan lemak jahat yang mengandung kolesterol tinggi dan berpotensi menyebabkan berbagai jenis penyakit, lemak baik ini justru membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Makanan yang mengandung lemak baik ini contohnya seperti biji-bijian, olahan gandum, alpukat, dan ikan.

 

5. Kalsium 

Nutrisi yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung kalsium yang baik bagi gigi dan tulang. Dengan mengkonsumsi kalsium, kamu dapat menciptakan keseimbangan gizi selama berpuasa.

Untuk menerapkan tips sehat saat puasa yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi keju, susu atau makanan olahan susu, serta yoghurt. Kalsium akan membantu kamu mengatasi risiko tekanan darah tinggi hingga perubahan emosi yang rentan dialami selama berpuasa.

 

6. Vitamin dan mineral 

Terakhir, tips sehat saat puasa juga mewajibkan kamu untuk menjaga asupan vitamin dan mineral. Selain demi kebugaran tubuh selama berpuasa, vitamin dan mineral juga penting untuk kesehatan kulit. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik adalah aloe vera yang kaya akan vitamin A, C, E, dan B12. 

 

Nah, ladies bisa menggunakan Wardah Aloe Hydramild Series untuk membersihkan kulit dengan lembut dan menjaga kulit tetap lembap selama berpuasa. Gunakan Wardah Aloe Hydramild Hand Wash untuk kulit tangan yang bersih dan bebas dari bahaya kulit kering, Wardah Aloe Hydramild Body Wash untuk menjaga kulit tubuh tetap lembut dan terhindar dari iritasi serta peradangan, serta Aloe Hydramild Hand Gel yang mudah dibawa-bawa saat beraktivitas.

Wardah Aloe Hydramild Series terbuat dari 100% aloe vera lokal yang organik. Terapkan semua tips sehat saat puasa di atas dan selalu gunakan produk terbaik dari Wardah untuk jaga kondisi kulitmu, ladies!

 

Baca Juga: Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa Di Bulan Ramadan

Tips sehat saat puasa

Recommended For You

Last Articles