0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Penyebab dan Tips Rambut Rontok yang Perlu Kamu Coba

December 23, 2020

Masalah rambut rontok, khususnya bagi para ladies, sudah bukan hal yang baru lagi. Walau begitu, masalah rambut rontok ini bukan berarti tidak mengganggu dan boleh diabaikan begitu saja. Untuk membantu kamu yang punya masalah rambut rontok yang cukup serius, berikut ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.

 

Ketahui penyebab rambut rontok

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok adalah mengetahui dulu penyebab utama kenapa rambut kamu rontok, ladies. Setidak-tidaknya ada tujuh penyebab rambut kamu rontok.

 

1. Hormon tidak seimbang

Hormon estrogen berpengaruh pada proses pertumbuhan rambut kamu, ladies. Sebaliknya, hormon androgen cenderung menghambat dan memperpendek usia rambut kamu. Kalau yang terjadi adalah hormon androgen terlalu berlebihan, maka yang terjadi adalah masalah rambut rontok yang berkepanjangan.

 

2. Terlalu stress

Masih berhubungan dengan penyebab pertama tadi. Saat kamu stress, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak hormon androgen. Maka, tidak heran kalau rambut kamu jadi lebih mudah rontok.

 

3. Kekurangan zat besi

Saat tubuh kekurangan zat besi atau anemia, maka akar rambut akan semakin rapuh dan jadi mudah rontok. Zat besi ini dibutuhkan untuk memproduksi protein yang membentuk sel-sel rambut. Kurangnya zat besi cenderung akan membuat rambut jadi tidak kuat, mudah patah, dan mengalami kerontokan.

 

4. Tiroid tidak seimbang

Kelenjar tiroid ini fungsinya mengontrol produksi protein salah satunya. Saat kelenjar tiroid ini tidak seimbang seperti contoh mengalami hipotiroidisme yang berujung anemia. Alhasil, sel-sel rambut tidak dapat dibentuk dengan kuat. Seperti juga yang dibahas pada poin sebelumnya yang berujung pada masalah rambut rontok juga.

 

5. Kurang vitamin B12

Vitamin B12 ini punya fungsi penting bagi tubuh karena dapat membantu membawa oksigen di dalam jaringan dan secara langsung mempengaruhi kesehatan sel darah merah. Saat tubuh kekurangan vitamin ini, akan ada kendala pada asupan oksigen untuk jaringan. Imbasnya juga pada kondisi pertumbuhan rambut yang akhirnya menyebabkan rambut rontok.

 

6. Berat badan turun dramatis

Berat badan yang menurun secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang cukup banyak dapat membuat rambut rontok. Ini dikarenakan kondisi penyebab berat badan turun dramatis ini ada kaitannya dengan kurang asupan nutrisi penting yang juga berdampak pada kesehatan rambut.

 

7. Faktor usia

Terakhir, usia juga dapat mempengaruhi kesehatan rambutmu, dear. Terutama saat memasuki masa-masa menopause, tubuh kamu akan mengalami perubahan. Pengaruhnya juga terasa pada rambut kamu. Rambut rontok akan lebih banyak dari biasanya. Ketebalan dan kekuatan rambut juga sudah jauh berbeda saat kamu muda dulu, jadi ini termasuk penyebab yang sangat wajar terjadi.

 

Ubah pola hidup

Setelah mengetahui penyebab rambut rontok, barulah kamu bisa menerapkan beberapa tips untuk mengatasi masalah rambut rontok ini. Tips yang pertama adalah memulai mengubah pola hidup. Pola hidup ini termasuk pola rutinitas ladies sehari-hari, pola makan, sampai pada pola tidur.

 

Makanlah makanan dengan gizi dan nutrisi seimbang, lakukan aktivitas di waktu yang tepat, istirahat di waktu yang tepat dengan porsi waktu yang seimbang pula. Memperbanyak konsumsi protein juga baik bagi kesehatan rambut.

 

Ganti gaya rambut

Tips lainnya agar rambut tidak rontok adalah dengan mengganti gaya rambut. Beberapa gaya rambut, seperti rambut yang terlalu panjang semisal, cenderung lebih mudah rontok daripada rambut dengan potongan yang lebih pendek.

 

Selain itu, gaya rambut tertentu yang menggunakan senyawa kimia berlebih atau alat penata rambut dengan suhu yang panas sebaiknya dikurangi. Beri kesempatan bagi rambut kamu untuk tumbuh dengan alami dan sehat, ladies.

 

Gunakan shampoo dan conditioner yang sesuai

Tips yang tidak kalah bermanfaat dan penting lainnya adalah dengan memastikan kamu memakai shampoo dan conditioner yang sesuai. Gunakan produk yang diperuntukkan untuk masalah rambut rontok, salah satunya Wardah Hair Fall Treatment Shampoo & Conditioner.


Hair Fall Treatment Shampoo dari Wardah diformulasikan untuk menjaga kekuatan rambut kamu, ladies. Alhasil, rambut tidak mudah patah apalagi rontok. Kandungan ginseng dan rosemary di shampoo ini bikin rambut jadi lebih sehat dan kuat. Ditambah lagi, Wardah Hairfall Treatment Conditioner yang membuat rambut jadi lebih lembut, tidak bercabang, dan juga tidak kering.