Pori-pori yang membesar bisa saja disebabkan oleh banyak hal, misalnya seperti minyak berlebih, jerawat, serta kerusakan dari sinar matahari. Tampilan pori-pori yang besar akan menjadikan penampilan kamu kurang optimal. Namun tidak perlu khawatir, ada cara-cara mudah untuk mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi kadar minyak di wajah. Berikut ulasannya.

 

Pilih produk non comedogenic

Pori-pori yang besar menghasilkan lebih banyak sebum di wajah. Maka dari itu, sebaiknya kamu memilih produk skincare dan makeup yang bersifat non comedogenic. Artinya, produk tersebut tidak akan membuat pori-porimu tersumbat. Umumnya produk kecantikan non comedogenic terbuat dari bahan dasar air, bukan minyak.

Menggunakan produk comedogenic malah akan membuat kulitmu semakin berminyak dan menimbulkan jerawat akibat pori-pori yang meradang. Jadi, penting sekali untuk memulai cara mengecilkan pori-pori dengan produk berbasis air yang non comedogenic, ladies.

 

Rutin eksfoliasi kulit

Kulit memang mampu mengelupas sel kulit mati secara alami. Namun dikarenakan adanya polusi dan kotoran yang seringkali menumpuk di dalam pori-pori, kulit jadi semakin kehilangan kemampuannya untuk meregenerasi. Oleh sebab itu, mengecilkan pori-pori bisa dilakukan dengan rutin mengeksfoliasi kulit sebanyak satu hingga dua kali seminggu.

Sebaiknya kamu menggunakan produk eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA. Dengan begitu, sel kulit mati serta kotoran akan terangkat dari kulit. Akan tetapi, kandungan BHA bisa membuat kulit mengering dan malah akan membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Jadi, imbangi dengan menggunakan toner serta moisturizer yang dapat mengembalikan kelembapan kulit.

 

Selalu gunakan pelembab wajah

Seperti yang sudah dibahas tadi, kulit yang kering akan membuat tubuhmu memproduksi semakin banyak sebum. Ini merupakan defense mechanism dari tubuhmu karena tidak ingin kulitmu mengalami dehidrasi. Anggapan bahwa wanita dengan kulit berminyak dan pori-pori besar tidak membutuhkan pelembab sangatlah salah.

Justru sebaliknya, mengecilkan pori-pori bisa dilakukan dengan memilih pelembab yang tepat, yakni pelembab yang memiliki tekstur ringan, mudah menyerap ke dalam lapisan kulit, dan tidak menyumbat pori-pori. Gunakan pelembab setiap pagi untuk mempersiapkan kulit sebelum makeup dan di malam hari untuk membantu proses regenerasi kulit, ladies

 

Clay mask jadi senjata ampuh

Clay mask bisa jadi alternatif mengecilkan pori-pori sekaligus melakukan deep cleansing karena kemampuannya untuk mengikat kotoran bahkan di pori-pori terdalam sekalipun. Terlebih lagi, clay mask tidak memiliki efek samping yang mengeringkan kulit.

Cara kerja dari clay mask sendiri adalah dengan masuk ke dalam pori-pori wajah dan mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih. Kamu bisa menggunakan clay mask yang mengandung mineral clay seperti Wardah Lightening Blue Clay Mask dengan Advanced Niacinamide untuk mencerahkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Clay mask ini juga bersifat non comedogenic, non acnegenic, tidak mengandung alkohol, dan sangat ringan ketika dipakaikan ke kulit. Terdapat efek cooling yang menenangkan kulit, cocok untuk kamu yang juga menderita kulit kemerahan. Efektif mengecilkan pori-pori dan mencegah jerawat untuk muncul saat dipakai secara rutin.

Hebatnya lagi, Wardah Lightening Blue Clay Mask mampu menjaga kandungan air dalam kulit sehingga kulit pun tetap lembut dan lembab sehabis pemakaian.

 

Jangan lupakan sunscreen

Selain menyebabkan risiko kanker kulit, sinar matahari ini juga akan membuat pori-porimu terlihat lebih besar dan kulit wajah berminyak. Tidak perlu khawatir sunscreen akan membuat kulit semakin berminyak atau meninggalkan whitecast jika kamu memakai Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence atau Wardah UV Shield Active Protection Serum. Keduanya memiliki SPF 50 PA++++ dan bebas alkohol, sekaligus mengandung Bisabolol yang efektif meredakan kulit kemerahan.

Salah satu keunggulan lain dari kedua sunscreen ini adalah efektivitasnya dalam menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus blue light. Untuk pemakaian sehari-hari, gunakan Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence. Sementara untuk kamu yang lebih aktif, pakai Wardah UV Shield Active Protection Serum yang waterproof. Jangan lupa untuk memakai sunscreen maksimal 15 menit sebelum bepergian, ya!

Samarkan Pori-Pori dan Minyak Wajah

Recommended For You

Last Articles