Dipikir-pikir kayaknya udah berusaha menangani jerawat dengan baik, tapi jerawat kok tetap muncul dan justru semakin parah, ya? Padahal juga sudah menggunakan produk perawatan anti-acne, lho! Nah coba kalian ingat-ingat lagi, mungkin saja tanpa sadar kalian masih sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan jerawat. Apa saja kebiasaan buruk itu? Check these out!

  • Bergonta-ganti Acne Treatment

“Seminggu pakai produk ini kok jerawat tetep nggak hilang ya? Ganti yang lain ah!” Eits tunggu, jangan buru-buru mengganti produk yang baru sebentar kalian gunakan, ya! Bergonta-ganti obat jerawat justru dapat membuat kulit iritasi, ujung-ujungnya breakout. Cobalah untuk lebih bersabar dalam menggunakan satu produk itu. Beri waktu setidaknya 4 hingga 6 minggu untuk mengamati perubahan yang terjadi pada kulit. Jika sudah selama itu, tetapi masih tidak ada perubahan sama sekali pada kulit, baru kalian bisa mencoba produk lainnya. Atau lebih baik lagi kalian langsung berkonsultasi dengan dokter kulit.

  • Terlalu Sering Mencuci Wajah

Meskipun penting, mencuci wajah terlalu sering tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada kebersihan kulit berjerawat. Justru, kulit wajah akan terasa lebih kering, dan bisa mengalami iritasi bahkan breakout. Karena pada dasarnya, jerawat bersembunyi di dalam pori-pori kulit yang dibentuk oleh sel-sel kulit mati, bukan di permukaan kulit terluar. Kalian hanya perlu produk pembersih yang mampu mengangkatnya tanpa harus dipakai berkali-kali dalam sehari, seperti Wardah Acnederm Pure Foaming Cleanser. Cukup gunakan dua kali dalam sehari, pagi dan malam.

  • Pinjam Meminjam Makeup dan Tools-nya

Gemar saling pinjam produk dan aplikator makeup? Kalian musti hati-hati, karena kebiasan kalian adalah yang paling berisiko dalam memperparah kulit berjerawat. Meskipun jerawat tidak menular, namun makeup, kuas, dan aplikator makeup dapat membuat bakteri penyebab jerawat, sebum, serta sel kulit mati berpindah dari produk ke wajah kalian. Akibatnya, hal-hal tersebut dapat menyumbat pori-pori dan memunculkan jerawat di wajah kalian.

  • Menyeka Keringat dengan Tangan

Keringat, baik itu karena berolahraga ataupun karena cuaca yang panas, dapat menimbulkan rasa lengket dan kurang nyaman pada kulit. Apalagi jika berkeringat di area wajah, rasanya ingin segera diseka agar tidak mengganggu penampilan. Nah, di saat itulah tangan kalian secara refleks terangkat ke arah wajah untuk segera menyeka keringat. Padahal hal ini akan membuat keringat tersebar di permukaan wajah. Apalagi kalau tangan kalian kotor penuh kuman dan bakteri, bisa-bisa akan membuat wajah semakin kotor dan semakin berjerawat.

  • Eksfoliasi dengan Scrub pada Saat Berjerawat

Sebelumnya, apa itu eksfoliasi? Yaitu proses pengangkatan sel-sel kulit mati yang bisa kita lakukan sendiri menggunakan produk yang mengandung scrub. Nah, pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati merupakan salah satu penyebab terjadinya jerawat. Maka dari itu, rutin melakukan eksfoliasi dapat menjadi langkah untuk mencegah terjadinya jerawat. Namun, disarankan untuk tidak melakukan eksfoliasi jika kulit sudah terlanjur berjerawat. Karena eksfoliasi justru dapat mengeringkan kulit wajah, bahkan bisa memperparah kulit berjerawat.

Recommended For You

Last Articles