Ladies, cuci tangan bukan hanya sekedar rutinitas yang dilakukan sebelum dan sesudah makan saja, lho. Kamu perlu tahu kapan saja kamu harus mencuci tangan agar tubuh tetap sehat dan terjaga dari kuman maupun virus. Ingat, interaksi dilakukan dengan sentuhan fisik menggunakan tangan, baik itu saat bekerja maupun saat kamu sedang bersantai. Tanganmu adalah perisai utama bagi kesehatanmu! 

 

Sebelum dan sesudah menyentuh makanan

Cuci tangan wajib kamu lakukan sebelum dan sesudah menyentuh makanan, walaupun kamu menggunakan sendok garpu. Bersihkan tangan dan jari-jarimu secara menyeluruh menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah selesai makan, pastikan kamu melakukan rutinitas mencuci tangan yang sama sekali lagi. Tujuannya untuk membersihkan tangan dari sisa-sisa makanan. Setelah tangan sudah tercuci dengan bersih, kamu jadi bisa melanjutkan aktivitas kamu lagi seperti biasa.

 

Setelah pergi ke toilet

Cuci tangan juga perlu dilakukan setelah kamu selesai menggunakan toilet. Ini karena di toilet terdapat banyak sekali kuman dan bakteri. Ya, sekalipun toilet di rumahmu sudah dibersihkan dengan saksama, tetapi tetap saja kamu wajib mencuci tangan sehabis buang air.

Cuci tangan dengan menggunakan sabun dengan saksama. Bersihkan dengan benar-benar bersih, lalu bilas dengan air. Jangan lupa juga untuk mengeringkan tangan dengan benar. Gunakan handuk atau kain bersih untuk membersihkan tangan kamu, ladies. 

 

Sehabis batuk atau bersin

Penularan flu atau pilek bisa jadi sangat cepat, apalagi jika kamu yang sedang sakit tidak berhati-hati. Bukan tidak mungkin kalau kamu juga akan menularkan penyakit tersebut kepada orang lain.

Jika kamu sedang tidak enak badan atau sakit, sebaiknya kamu menutup mulut menggunakan siku tangan setiap kali bersin dan batuk. Namun, jika kamu sudah terlanjur menutup mulut, menyeka hidung, atau membersihkan area hidung menggunakan tangan, maka pastikan kamu cuci tangan yang bersih setelahnya.

 

Setelah menyentuh benda kotor

Dalam beraktivitas, baik itu di dalam maupun luar ruangan, kamu tidak bisa menghindar dari yang namanya menyentuh benda kotor. Bahkan, smartphone yang kamu genggam sekarang juga dipenuhi banyak bakteri, lho! Nah, setelah menyentuh benda-benda kotor ini, sebaiknya kamu langsung mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah.

Hindari sebatas mengelap tangan dengan tisu basah atau kain karena tanganmu tidak akan benar-benar bersih dengan cara demikian. Kamu harus langsung cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Bersihkan tangan sampai ke pangkal-pangkal tangan juga.

 

Sebelum dan sesudah menyentuh luka

Jika salah satu bagian tubuh kamu ada yang terluka dan kamu harus membersihkan serta menutup luka tersebut dengan perban, kamu wajib cuci tangan sebelum menyentuhnya. Cuci tangan sebelum membersihkan luka penting dilakukan agar luka yang terbuka tidak mengalami infeksi karena bakteri atau kuman dari tangan kamu yang kotor itu tadi.

Setelah selesai menutup luka tersebut, kamu juga tetap harus mencuci tangan lagi, ladies. Ini agar kotoran-kotoran tersisa selama proses pembersihan luka tadi juga ikut dibersihkan saat kamu mencuci tangan dengan teliti setelahnya. Saat kamu rajin membersihkan tangan seperti ini, luka kamu juga jadi aman dari kontaminasi bakteri.

 

Sehabis menyentuh binatang

Jika ladies memiliki hewan peliharaan di rumah, kamu harus lebih sering membersihkan tangan, terutama setelah kamu habis bermain-main dengan hewan peliharaan kamu ini. Pastikan kamu tidak lupa untuk cuci tangan setelahnya. Ini karena ada begitu banyak kuman, bakteri, dan virus yang terperangkap di dalam bulu binatang. 

Untuk mencuci tangan dengan benar-benar bersih, kamu bisa menggunakan Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Wash. Dengan kandungan 100% natural tea tree oil yang bekerja sebagai antiseptik natural, sabun cuci tangan yang satu ini efektif untuk membersihkan kulit tanganmu secara tuntas. Kamu juga bisa menggunakan Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Gel yang praktis dibawa ke mana-mana. Hebatnya, kedua produk ini mengandung ekstrak aloe vera yang melembapkan kulit, sehingga kulitmu tidak akan jadi kering meski sering cuci tangan!

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Recommended For You

Last Articles