0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Terlindungi dari Matahari, Begini Cara Memakai Sunscreen yang Benar - Ladies, sudahkah kulitmu terlindungi dari sinar UVA dan UVB matahari?

November 12, 2020

Selain udara yang panas, terik matahari juga membawa berbagai masalah bagi kulit seperti munculnya keriput, bintik-bintik hitam, kemerahan, hingga risiko kanker kulit. Itulah sebabnya mengapa sunscreen diwajibkan agar kulitmu selalu terlindungi.

Namun, apakah kamu sudah menggunakan cara memakai sunscreen yang tepat? Coba intip cara memakai sunscreen yang direkomendasikan oleh dermatologist berikut ini.

 

Pilih sunscreen SPF 50 dengan PA++++

Di pasaran, ada banyak sekali jenis produk sunscreen dengan beragam SPF, mulai dari SPF 15 sampai SPF 50. Perihal yang mana yang lebih bagus, bisa dikatakan bahwa sunscreen dengan SPF 50 memberikan proteksi ekstra yang lebih tahan lama.

Sunscreen dengan SPF 50 ini bisa kamu pakai di setiap aktivitas, baik itu sehari-hari maupun saat berlibur ke pantai. Akan tetapi, pastikan kamu memilih sunscreen SPF 50 PA++++dengan broad spectrum protection agar kulitmu akan terlindungi dari paparan UVA, UVB, dan blue light.

 

Takaran sunscreen sebesar koin atau 2 jari

Setelah memilih sunscreen yang tepat, saatnya belajar cara memakai sunscreen yang benar untuk memaksimalkan manfaat sunscreen. Masih banyak ladies yang ternyata belum memakai sunscreen dalam takaran yang cukup, lho!

Menurut dermatologist Dr. Engelman dari The Skin Cancer Foundation, cara memakai sunscreen yang tepat untuk area wajah dimulai dengan menggunakan takaran sebesar koin 500 perak, atau kira-kira sebesar 2 jari tangan. Ini dikarenakan demi mencapai SPF yang dibutuhkan kulit, maka diperlukan minimal 2 miligram sunscreen untuk setiap sentimeter persegi kulit.

 

Gunakan sunscreen maksimal 15 menit sebelum keluar rumah

Nah, untuk ladies yang suka terburu-buru, sebaiknya hindari kebiasaan memakai sunscreen beberapa detik sebelum keluar rumah, ya. Biasakan untuk menggunakannya sebelum kamu mengaplikasikan makeup, atau setidaknya sehabis mandi.

Para dermatologist menganjurkan bahwa cara memakai sunscreen yang efektif adalah dengan mengaplikasikannya 15 menit sebelum keluar dari rumah. Ini dikarenakan formula dalam sunscreen membutuhkan waktu untuk sepenuhnya bisa terikat dengan kulit dan bekerja dengan lebih optimal dalam memberikan lapisan proteksi terhadap paparan UVA dan UVB.

 

Jangan lupa area leher dan kuping

Cara memakai sunscreen ini seringkali dilupakan, bahkan banyak pula yang tidak menyadarinya. Pakaian biasanya hanya melindungi area tubuh dari bahu sampai kaki. Sementara itu, area leher dan kuping tidak mendapat perlindungan sama sekali dari sinar UVA, UVB, dan blue light.

Akibatnya, telinga dan leher semakin rentan dengan masalah kulit yang diakibatkan radiasi dari matahari ini. Padahal, area leher menjadi area pertama yang akan mengalami tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan bintik-bintik hitam. Maka dari itu, setelah kamu mengaplikasikan sunscreen di wajah, jangan lupa untuk mengaplikasikannya juga ke leher, belakang leher, dan kedua telinga!

 

Re-apply setiap 2 jam

Ladies, kamu pasti lebih sering mengaplikasikan sunscreen di pagi hari sebelum kerja daripada di sore hari saat kamu akan berangkat pulang ke rumah, kan? Cara memakai sunscreen yang seperti ini memang tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya efektif. UVA dan UVB tetap ada meskipun hari sudah sore menjelang malam, dear.

Apalagi kalau kamu akan beraktivitas seharian di bawah sinar matahari, kamu perlu mengaplikasikan sunscreen kembali setiap 2 jam sekali, dear. Ingat, cara sunscreen bekerja itu tidak berlangsung selama 24 jam, tetapi hanya beberapa jam saja, tergantung pada kadar SPF dan PA+ sunscreen.

 

Pakai juga saat ada di dalam rumah

Sinar UVA dan UVB bisa masuk ke dalam ruangan melalui jendela, dear. Jadi, meskipun kamu seharian berada di dalam ruangan ber-AC, entah itu di kantor, rumah, atau kendaraan, kulitmu tetap terekspos dari sinar matahari, lho.

Selain itu, radiasi ini juga tidak hanya datang dari sinar matahari saja, bahkan juga dari layar komputer dan smartphone kamu. Radiasi ini dinamakan blue light yang bersumber dari matahari serta layar perangkat teknologi. Blue light juga memiliki risiko serupa dengan UVA dan UVB, bahkan dipercaya lebih berbahaya karena dapat menembus 3 lapisan kulit. Oleh sebab itu, kamu perlu selalu menggunakan sunscreen meskipun tidak sedang keluar rumah.

 

Gunakan sunscreen sesuai jenis aktivitasmu

Aktivitas sehari-hari tentunya akan berbeda dengan aktivitas berat di bawah sinar matahari, ladies. Sehingga, kamu perlu menyesuaikan setiap aktivitasmu dengan jenis sunscreen yang dipakai. Untuk penggunaan sehari-hari, gunakan sunscreen SPF 50 PA++++ dengan tekstur yang ringan, seperti Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence.

Sementara itu, untuk aktivitas berat seperti berjemur di pantai atau berolahraga, kamu bisa menggunakan Wardah UV Shield Active Protection Serum dengan SPF 50 PA++++ yang waterproof dan tidak mudah luntur oleh keringat. Keduanya bebas dari kandungan alkohol dan terbukti tidak menyumbat pori-pori, sehingga aman untuk kulit sensitif. Lebih hebatnya lagi, kedua produk sunscreen dari Wardah ini mengandung Bisabolol untuk meredakan kemerahan akibat terik matahari.