Siapa, sih, yang tidak mau dapat beasiswa kuliah? Beasiswa memungkinkan kamu untuk meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi tanpa harus pusing soal biaya. Untungnya, ada cukup banyak pihak pemberi beasiswa yang bisa kamu bidik. 

Tentunya ada sejumlah syarat dan ketentuan yang wajib kamu penuhi untuk mendaftar beasiswa. Nah, mengingat saingan yang pasti tidak sedikit, berikut sejumlah tips beasiswa untuk diterapkan agar kamu bisa lolos! 

 

Gali bakat dan minat

Semakin cepat kamu melakukan persiapan untuk mendaftar beasiswa, maka kamu punya peluang lebih besar untuk mendapatkannya. Perencanaan ini dimulai dengan menggali bakat dan minat diri sendiri. Luangkan waktu untuk benar-benar mempertimbangkan jurusan kuliah mana yang ingin kamu tekuni. Mungkin kamu bisa memulai dengan memikirkan pekerjaan atau karier seperti apa yang mau kamu geluti.

Dengan memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minat, kamu pun akan lebih enjoy menjalani hari-hari kuliah nanti. Tentunya hal ini bisa berpengaruh baik terhadap proses dan hasil belajar kamu, kan? Apalagi memang biasanya penerima beasiswa diharuskan untuk mempertahankan IPK pada nilai tertentu.

 

Kirim aplikasi secepat mungkin

Kalau sudah menemukan jurusan kuliah yang kamu mau, saatnya aktif mencari program yang menawarkan beasiswa untuk jurusan tersebut. Tips beasiswa selanjutnya adalah mempelajari berbagai syarat dan ketentuan beasiswa plus jurusan kuliah yang dituju. 

Siapkan segala berkas yang diperlukan sejak jauh-jauh hari. Hindari kebiasaan menunda-nunda walaupun mungkin deadline-nya masih lama. Mengirim aplikasi secepat mungkin menunjukkan kalau kamu serius melamar beasiswa tersebut. 

 

Aktif berorganisasi

Nilai akademis yang bagus memang umumnya menjadi salah satu syarat utama dalam pendaftaran beasiswa. Walau begitu, pengalaman organisasi kamu juga bakal masuk bahan pertimbangan lho, ladies. Jadi, buat kamu yang sekarang masih duduk di bangku sekolah atau masih di semester awal perkuliahan, tidak ada salahnya mulai aktif berorganisasi dari sekarang.

Coba, deh, gabung jadi anggota ekstrakurikuler atau daftar kepanitiaan. Akan lebih baik lagi kalau kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas ternama. Melalui pengalaman aktif berorganisasi, kamu bakal punya nilai plus di mata para pemberi beasiswa karena soft skills yang terasah.

 

Kantongi surat rekomendasi

Tips beasiswa selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memiliki surat rekomendasi, bisa dari wali kelas, kepala sekolah, atau mungkin ketua dari komunitas yang kamu ikuti. Disebut juga sebagai letter of recommendation, surat rekomendasi memang umumnya menjadi salah satu syarat beasiswa yang harus kamu penuhi.

Surat rekomendasi akan memberikan perspektif lain kepada pemberi beasiswa terkait prestasi akademik kamu, kelebihan diri, pengalaman berorganisasi, dan sebagainya. Tentunya ini juga menjadi bahan pertimbangan kuat bagi pihak pemberi beasiswa dalam menilai kelayakan kamu sebagai calon penerima beasiswa.

 

Jangan lelah cari informasi beasiswa sebanyak mungkin

Tips beasiswa satu ini mungkin terdengar simple, ladies, tetapi penting banget diperhatikan. Jangan sampai kamu tidak jadi dapat beasiswa hanya karena kelewatan deadline atau kurang melengkapi persyaratan. Itulah kenapa kamu wajib mencari informasi beasiswa sebanyak mungkin. Follow akun-akun pemberi informasi beasiswa di media sosial. Jadi, bukan hanya mendapat banyak referensi soal pihak pemberi beasiswa, kamu juga bisa terus update jika seandainya ada perubahan informasi.

 

Bagi ladies yang sedang mencari beasiswa, kamu bisa ikut Wardah Scholarship Program, program pemberian beasiswa dari Wardah kepada 100 mahasiswi dari keluarga kurang mampu. Beasiswa diberikan kepada mahasiswi yang sedang menempuh semester ketiga kuliah D4/S1.

Pendaftaran Wardah Scholarship Program dibuka mulai 3 Oktober hingga 3 November 2020. Kunjungi link berikut ini untuk informasi lebih lanjut. Pastikan juga untuk menerapkan berbagai tips beasiswa di atas untuk memperbesar peluang menjadi salah satu penerima Wardah Scholarship Program. Good luck, ladies!

Recommended For You

Last Articles