0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Tips Perawatan Wajah Saat Puasa Agar Tetap Cerah dan Sehat

May 12, 2021

Ladies, selain tubuh yang terasa lemas, salah satu masalah yang sering terjadi saat puasa adalah wajah terlihat kusam dan lelah. Hal ini wajar jika mengingat jumlah cairan tubuh yang berkurang saat kamu berpuasa. Nah, meski kondisi tersebut sangat normal, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya, lho. Yuk, simak bersama tips perawatan wajah saat puasa agar tetap cerah dan sehat berikut!

 

Kulit kusam dan terlihat lelah

Salah satu problem kulit wajah yang muncul saat puasa adalah kulit tampak kusam dan lelah. Kulit yang tampak kusam dan lelah biasanya disebabkan oleh tubuh kekurangan nutrisi. Ini wajar terjadi, kok, terutama saat kamu berpuasa. Saat puasa, nutrisi yang baik untuk kulit seperti vitamin E dan mineral kemungkinan besar tidak tercukupi.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi lebih banyak makanan bernutrisi saat berbuka dan santap sahur. Sayur dan buah yang kaya serat sangat baik untuk menjaga kulit tampak segar dan sehat. Selain nutrisi dari dalam, kamu juga bisa memberikan nutrisi untuk kulit dari luar. Caranya adalah dengan menggunakan produk skincare dengan zat pencerah seperti Wardah Lightening Series. Di siang hari, ladies bisa menyemprotkan Wardah Lightening Face Mist agar wajah kembali cerah dan fresh.

 

Kulit kering

Tips perawatan wajah saat puasa berikutnya ditujukan untuk kamu yang merasa kulitnya terasa lebih kering, Seperti yang sudah disebutkan pada bagian pembuka, saat kamu berpuasa, cairan tubuh akan berkurang. Terlebih jika kamu tinggal di negara tropis seperti Indonesia yang membuatmu mudah berkeringat. Bisa saja kamu akan mengalami gejala dehidrasi. 

Kulit kering adalah salah satu gejala tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika disentuh, kulit akan terasa kering dan kasar. Nah, agar hal ini tidak terjadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat waktu berbuka dan sahur tiba. Minumlah setidaknya 8 gelas air mineral sehari.

Cara lainnya adalah dengan menghidrasi kulit menggunakan produk sheet mask yang praktis dipakai. Kamu bisa menggunakan Wardah Lightening Essence Sheet Mask sebelum pergi tidur untuk melembapkan sekaligus mencerahkan kulit.

 

Kulit berjerawat dan berkomedo

Masalah selanjutnya adalah kulit berjerawat dan berkomedo. Hal ini bisa terjadi jika kamu tidak mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan baik. Saat berbuka, banyak orang yang susah mengontrol diri sehingga makan dalam porsi berlebih. Selain itu, jam tidur yang berubah pun bisa membuat produksi hormon ikut berubah, sehingga jerawat lebih mudah muncul.

Solusi dari permasalahan ini sebenarnya sederhana. Saat waktu berbuka tiba, makanlah dalam porsi yang wajar. Hindari tidur terlalu larut agar kebutuhan istirahat tubuh tetap tercukupi. Gunakan produk skincare khusus jerawat seperti Wardah Acnederm Series dengan 3 kombinasi bahan aktif untuk mengontrol produksi minyak, menyembuhkan jerawat, dan membersihkan wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Kulit gatal karena tumpukan sel kulit mati

Ladies, sering merasa kulit gatal saat sedang berpuasa? Hal ini bisa terjadi karena adanya tumpukan sel-sel kulit mati. Sama seperti sel-sel lain dalam tubuh, sel-sel pada kulit pun beregenerasi. Saat sel sudah rusak maka sel akan mati dan kemudian digantikan oleh sel baru. Sayangnya, proses regenerasi sel terkadang tidak berlangsung lancar dan meninggalkan tumpukan sel kulit mati.

Agar tumpukan sel-sel kulit mati tersebut tidak menimbulkan masalah baru pada kulitmu, sebaiknya segera diatasi. Gunakan produk eksfoliasi seperti Wardah Lightening Gentle Exfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kamu juga bisa menggunakan produk yang menenangkan kulit seperti Wardah Acnederm Pore Refining Toner yang memiliki kandungan witch hazel dan DermaTreat actives.

 

Itu dia tips perawatan wajah saat puasa untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit. Pastikan untuk selalu menutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, ya. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan kulit dari luar menggunakan Wardah Lightening Series untuk kulit lebih cerah dan Wardah Acnederm Series untuk kulit bebas jerawat.