0
Notification(s)
You have 0 notification

0
Shopping Bag

Shopping Bag is empty
Ladies, keranjang belanja kamu masih kosong. Yuk belanja produk favoritmu sekarang!


Wanita yang Menginspirasi Perjuangan Ibu di Mata Zaskia Sungkar

December 22, 2020

Ladies, apa yang terlintas di pikiranmu ketika mengingat sosok ibu? Mungkin kebanyakan dari kita akan langsung teringat akan perjuangan ibu yang tanpa lelah mengasuh kita sejak kecil sampai sekarang. Di mana pun ibu berada, kehangatannya akan selalu terasa dalam hati.

Pada hari Selasa, 8 Desember 2020 lalu, Wardah berbincang dengan Zaskia Sungkar soal arti seorang ibu dan perannya dalam hidup Zaskia. Berikut ini pandangan serta kisah seorang Zaskia tentang perjuangan ibu. 

 

Peran ibu itu selamanya terasa

Sebagai seorang anak, kakak perempuan, dan juga kini menjadi seorang ibu, Zaskia melihat sosok ibu sebagai orang pertama dalam hidup. Dimulai sejak dari kandungan, ibu adalah orang pertama yang merasakan kehadiran anaknya. Berlanjut sampai masa kanak-kanak di mana ibu menjadi orang pertama yang mengajarkan kita berbagai hal. 

Baik disadari maupun tidak, perjuangan ibu tidak pernah berhenti, bahkan setelah anak-anaknya sudah dewasa. “Ibaratnya ibu seperti seorang pahlawan yang selalu membantu kita dalam menghadapi masalah,” ungkap Zaskia. Tanpa perjuangan ibu, Zaskia merasa bahwa dirinya tidak akan ada di posisinya sekarang ini. 

Zaskia pun menceritakan soal perjuangan ibunya semasa Zaskia masih duduk di bangku SMP. Saat itu, Zaskia mengatakan bahwa keluarganya sedang mengalami masalah finansial. Namun, sang ibu tetap aktif bekerja sebagai aktris sekaligus berjualan demi memenuhi kebutuhan anak-anaknya. “Begitulah ibu. Sampai kapanpun peran, kasih sayang, dan perjuangan ibu tidak ada batasnya,” sambung Zaskia. 

 

Cerita kehamilan Zaskia Sungkar

Di usia kehamilan beranjak 6 bulan ini, Zaskia merasa bersyukur karena Allah membukakan matanya soal bagaimana perjuangan ibu di masa kehamilan yang begitu hebat. Zaskia berbagi pengalamannya yang sering merasakan heartburn dan perasaan sedih di tengah malam. Ditambah lagi dengan kondisi fisik yang lebih rentan kelelahan. “Jadi tahu perjuangan ibu hamil, karena dari sebelum lahir pun perjuangannya sudah luar biasa,” ujar Zaskia. 

Soal ngidam, Zaskia mengakui bahwa kini ia sangat menyukai menu masakan nasi, seperti nasi padang. Zaskia juga berpesan untuk para ibu hamil lainnya agar senantiasa menjaga emosi, menjauhi pikiran negatif, dan selalu mengucap syukur kepada Allah SWT agar kondisi kandungan tetap terjaga dan inshallah sang bayi bisa tumbuh menjadi pribadi yang senantiasa bahagia. Zaskia juga tidak lupa mengungkapkan pentingnya peran suami sebagai sahabat di masa kehamilan. “Suami harus bisa jadi partner yang baik,” seru Zaskia. 

 

Beban para ibu di tengah pandemi

Ketika berbicara soal pandemi, Zaskia tidak memungkiri bahwa ini menjadi cobaan berat bagi semua orang, termasuk juga bagi para ibu. Namun, Zaskia juga menganggap pandemi sebagai tamparan keras bagi dirinya untuk belajar bersyukur. Terlepas dari berbagai perjuangan ibu yang harus dilewati, kehamilan merupakan anugerah terbesar dan titipan dari Allah. Ingatlah bahwa Allah tidak pernah memberikan cobaan melebihi kemampuan umat-Nya. 

Melihat situasi pandemi di mana para working moms semakin sibuk bekerja di rumah sambil mengurus pekerjaan rumah tangga dan membimbing anak belajar di rumah, Zaskia pun mengatakan bahwa ini merupakan ujian yang punya nilai positif. Contohnya, para ibu bisa punya lebih banyak quality time bersama keluarga dan punya peluang besar untuk coba bisnis, seperti dengan menjadi reseller dari rumah. 

 

Moms support moms, women support women

Di era yang serba digital, banyak sekali kasus mom shaming yang sayangnya justru dilakukan oleh sesama ibu. Dari sinilah bangkit gerakan moms supporting moms, yang juga sejalan dengan gerakan women support women. Mengapa ini menjadi penting? “Support sesama perempuan dan ibu itu penting banget karena ada hal-hal yang hanya dipahami oleh sesama perempuan,” jelas Zaskia. 

Alih-alih memberi komentar atau kritikan pedas kepada sesama ibu dan wanita, alangkah baiknya kalau kita sebagai wanita mengamalkan kebaikan lewat kalimat suportif serta tips yang membantu. Menutup pembicaraan, Zaskia menekankan kembali bahwa mendukung sesama ibu dan wanita itu tidak hanya mendatangkan pahala, tetapi juga membuat hidup lebih tenang.