Colorfit Last All Day Lip Paint Around the World (Limited Edition). Get special price only 55K for 100 early buyers
My Account

0 Beauty Point

Wardah berhasil memperkenalkan aspek baru kecantikan untuk perempuan Indonesia. Brand kosmetik pilihan perempuan Indonesia ini sadar bahwa perubahan yang besar bisa datang dari kaum perempuan. Karena itu, Wardah memperkenalkan wajah barunya lewat Beauty Moves You. Gerakan ini mengajak perempuan di Indonesia agar terus maju dan melakukan perubahan yang berarti untuk lingkungan sekitar. Agen perubahan ini pun memiliki nama sendiri, yakni Brave Beauties

 

Apa itu Brave Beauties?

Brave Beauties adalah panggilan bagi perempuan Indonesia yang berani melakukan perubahan dan berkontribusi melalui beragam bentuk bagi lingkungan sekitar. Langkah yang dijalankan pun dimulai dari hal-hal kecil namun konsisten, sehingga manfaatnya dapat perlahan dirasakan oleh lingkungan sekitarnya.

Brave Beauties yang inspiratif ini hadir untuk mewujudkan Beauty Moves You yang merupakan wajah baru dari Wardah. Sebagai salah satu cara untuk memperluas gerakan Brave Beauties, Wardah pun mengadakan event bertajuk Beauty Moves You The Experience pada 30-31 Oktober 2021. Dalam acara ini, Wardah mendatangkan 16 sosok Brave Beauties atau tokoh perempuan progresif Indonesia dari tiga pilar, yakni kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

 

Brave Beauties mengedepankan 5 nilai utama

Siapa pun perempuan Indonesia dapat menjadi Brave Beauties bagi lingkungan masing-masing. Dalam menjalankan inisiatifnya, Brave Beauties mengedepankan lima nilai utama. Nilai-nilai yang dimaksud adalah progresif, modern, berani, serta kebermanfaatan yang dapat memberikan dampak bagi lingkungan, sesama, dan dunia. Berangkat dari nilai-nilai tersebut, Wardah mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk menjadi Brave Beauties dengan dimulai dari langkah-langkah kecil, simpel, namun bermakna.

 

Brave Beauties Indonesia versi Wardah

Wardah sendiri telah bekerja sama dengan sosok-sosok perempuan inspiratif di Indonesia yang karya dan upayanya membuat mereka layak disebut sebagai Brave Beauties. Berikut ini beberapa Brave Beauties versi Wardah yang mengusung semangat Beauty Moves You:

 

PENDIDIKAN

1. Ayu Kartika Dewi

Ayu Kartika Dewi merupakan co-founder dari SabangMerauke, program pertukaran pelajar antardaerah untuk menumbuhkan semangat toleransi pada siswa-siswinya. Kini, Ayu menjabat sebagai Managing Director Indika Foundation, yayasan yang mendukung perwujudan Indonesia damai dan inklusif.

2. Nadhira Afifa

Berawal dari terpilih menjadi Commencement Speaker for Class of 2020 pada kelulusannya di Harvard University, Nadhira kemudian aktif berbagi informasi pendidikan dan kesehatan melalui kanal YouTube dan bukunya yang berjudul Limitless. Nadhira kemudian mendirikan Limitless Indonesia, sebuah organisasi nonprofit yang menyediakan mentorship dan beasiswa pendidikan bagi pelajar terdampak COVID-19.

3. Alamanda Shantika

Alamanda merupakan Brave Beauties yang mengusung semangat Beauty Moves You lewat bidang edukasi. Ia membuat platform bernama Binar Academy yang merupakan akademi coding untuk anak-anak. Saat ini, Binar Academy sudah berkembang menjadi sebuah platform digital career solutions bersifat end-to-end yang menyediakan tempat terbaik untuk belajar, membangun karier, hingga menggali potensi di industri yang tepat.

4. Analisa Widyaningrum

Berbekal background sebagai psikolog, Analisa mendirikan Analisa Personality Development Center (APDC) sebagai wadah bagi individu untuk terus meningkatkan kemampuan demi menghadapi tantangan masa depan. Melalui APDC, Analisa membuka kelas intensif, asesmen, in-house training, hingga konseling dengan psikolog. Ia juga telah menerbitkan buku dalam bidang psikologi berjudul The Power of Personality Development.

 

LINGKUNGAN

1. Andhyta Firselly Utami

Sebagai Environmental Economist di World Bank, wanita yang memiliki nama panggilan Afu ini membantu pemerintah mendorong reformasi kebijakan publik yang lebih hijau. Afu juga mendirikan Think Policy, sebuah wadah bagi profesional muda untuk belajar tentang sektor kebijakan publik yang reformis sekaligus berkolaborasi demi kebijakan yang lebih baik di Indonesia.

2. Nana Firman

Nana merupakan seseorang yang pernah memimpin upaya “Rekonstruksi Hijau” bersama WWF Indonesia selama masa pemulihan (recovery) pasca tsunami di Aceh dan Nias. Nana turut mengorganisir Deklarasi Islam tentang Perubahan Iklim Global dan kemudian ikut mendirikan jaringan Muslim untuk krisis iklim global, yaitu Global Muslim Climate Network (GMCN).

3. Kirana Agustina

Brave Beauties selanjutnya yang juga mengusung semangat Beauty Moves You adalah Kirana Agustina, seorang aktivis polusi plastik laut. Sebagai Spesialis Engagement untuk National Plastic Action Partnership (NPAP), Kirana memimpin keterlibatan para pemangku kepentingan kunci, baik pemerintah nasional, internasional, perusahaan, industri, dan organisasi non-pemerintah dalam menemukan kolaborasi strategis demi mendukung Indonesia mencapai targetnya untuk mengurangi 70% polusi plastik laut pada 2025.

4. Solfarina

Brave Beauties satu ini merupakan founder dari Rimba Satwa Foundation (RSF) yang fokus pada konservasi gajah di Sumatra. Hingga kini, RSF telah mempunyai 16 anggota di beberapa suaka margasatwa di Riau. Cakupan programnya sudah semakin luas, mulai dari Flora and Fauna Patrol, Elephant Watchover, GPS Collar, Breeding Area, Mineral Enrichment, Replanting, hingga Conservation Education.

5. Swietenia Puspa Lestari

Aktif sebagai founder dari Divers Clean Action, Swietenia bersama komunitasnya fokus pada sampah yang ada di laut. Partisipasi aktifnya tersebut berhasil membuat Swietenia mendapat sejumlah penghargaan, salah satunya 100 Most Inspiring Women BBC. Tak hanya itu, ia juga tercatat sebagai peserta termuda dalam ajang Obama Leaders Asia Pacific 2019.

6. Maurilla Sophianti Imron

Maurilla dikenal sebagai founder dari Zero Waste Indonesia (ZWID), sebuah komunitas berbasis online pertama di Indonesia yang bertujuan mengajak masyarakat tanah air untuk menjalani gaya hidup nol sampah (zero-waste lifestyle). Komunitas tersebut didirikan Maurilla pada 2018 lalu.

7. Farwiza Farhan

Kontribusi Farwiza terhadap lingkungan dilakukan melalui perannya sebagai salah satu founder LSM HakA, sebuah lembaga akar rumput yang mendorong perlindungan, konservasi, dan restorasi Kawasan Ekosistem Leuser di Aceh. Berkat kontribusinya ini, Farwiza pernah menerima penghargaan Whitley Award dan Future for Nature Award.

 

KESEHATAN

1. Mesty Ariotedjo

Mesty Ariotedjo merupakan pendiri WeCare.id, platform pengumpulan dana bagi pasien yang memiliki kemampuan finansial terbatas dan wilayah sulit dijangkau. Gerakan Mesty terus berlanjut dengan didirikannya TentangAnak, yaitu platform media sosial yang berfokus pada edukasi seputar kesehatan anak.

2. Davrina Rianda

Davrina adalah seorang dokter peneliti di Human Nutrition Research Center, Indonesian Medical Education and Research Institute dalam bidang gizi ibu dan anak, terutama untuk mendukung 1000 Hari Pertama Kehidupan. Davrina juga merupakan Koordinator BRAVE Project, yaitu penelitian mengenai pengaruh suplemen hamil dan menyusui untuk kecerdasan anak.

3. Nicky Claraentia Pratiwi

Sejak 2016, Nicky aktif di beberapa usaha sosial yang memiliki misi untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Nicky menjadi Chief Operating Officer di ThisAble, yaitu wadah untuk menangani masalah sosial dengan cara pemberdayaan masyarakat. Tak hanya itu, Nicky juga aktif menjadi support system bagi penyandang disabilitas di Indonesia.

4. Leonika Sari Njoto Boedioetomo

Brave Beauties selanjutnya dalam bidang kesehatan adalah Leonika Sari Njoto Boedioetomo. Ia adalah seorang penggagas dan penggerak Reblood, aplikasi untuk memberikan informasi seputar akses donor darah sekaligus memenuhi suplai darah di Indonesia. Berkat gerakannya ini, Leonika berhasil masuk daftar Forbes 30 under 30 di Asia pada 2016.

5. Wendy Kusumowidagodo

Aktif sebagai penggerak inklusivitas disabilitas, Wendy juga merupakan Direktur Eksekutif Yayasan Helping Hands (YHH). Bersama YHH, Wendy aktif mempromosikan inklusivitas disabilitas melalui program Pelatihan Kepemimpinan & Inklusif (LIT) yang membangun relasi nyata antara dunia disabilitas dan non-disabilitas.

 

Lewat wajah baru Beauty Moves You, Wardah secara aktif mengajak perempuan Indonesia untuk melakukan perubahan positif dengan menjadi Brave Beauties. Tak harus melakukan hal-hal bombastis, kamu juga bisa turut menjadi Brave Beauties dengan mulai dari hal-hal kecil pada bidang yang kamu senangi. Yuk, sama-sama sebarkan semangat Beauty Moves You dengan menjadi Brave Beauties versi diri masing-masing! Mari sama-sama membawa Indonesia ke arah yang lebih baik!

Recommended For You

Last Articles